Jumat, 10 Oktober 2014

Hidrida Golongan 1

Hidrida-hidrida larutan garam (mirip-garam)
Hidrida dari logam-logam Golongan 1 adalah padatan-padatan kristal berwara putih yang mengandung ion-ion logam dan ion-ion hidrida, H-. Hidrida-hidrida ini memiliki struktur kristal yang sama persis dengan natrium klorida – itulah sebabnya mengapa disebut hidrida larutan garam atau hidrida mirip-garam.
Karena hidrida-hidrida ini bisa bereaksi cepat dengan air atau udara lembab, maka mereka biasanya disimpan sebagai suspensi dalam minyak mineral.

Pembuatan hidrida-hidriga Golongan 1
Hidrida-hidrida dari logam-logam Golongan 1 dibuat dengan cara menyalurkan gas hidrogen pada logam yang dipanaskan. Sebagai contoh, untuk lithium hidrida :

Reaksi hidrida Golongan 1
Reaksi-reaksi hidrida Golongan 1 yang dibahas disini akan dibatasi pada dua reaksi yang paling besar kemungkinannya diperlukan dalam pembahasan tingkat dasar.

Elektrolisis
Jika dipanaskan, kebanyakan dari hidrida Golongan 1 akan terdekomposisi kembali menjadi logam dan hidrogen sebelum melebur. Akan tetapi, kita bisa meleburkan lithium hidrida dan mengelektrolisis leburannya.
Logam dilepaskan pada katoda dan hidrogen dilepaskan pada anoda (elektroda positif) dan ini merupakan bukti tentang adanya ion hidrida negatif dalam lithium hidrida.
Persamaan pada anoda adalah :

Hidrida-hidrida Golongan 1 lainnya bisa dielektrolisis dalam larutan pada berbagai campuran leburan seperti campuran lithium klorida dan kalium klorida. Campuran-campuran seperti ini akan melebur pada suhu yang lebih rendah dibanding klorida murni.
Reaksi dengan air
Hidrida-hidrida ini bereaksi hebat dengan air, melepaskan gas hidrogen dan menghasilkan hidroksida logam.
Sebagai contoh, natrium hidrida bereaksi degan air menghasilkan sebuah larutan natrium hidroksida dan gas hidrogen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar