Sabtu, 02 April 2011

Minuman Jus Cranberry Dapat Menjauhkan Infeksi

Studi menunjukkan bahwa pengobatan secara rumahan mencegah bakteri dari pembentukan biofilm
Bethany Halford
Dengan meminum segelas jus cranberry setiap hari dapat menhilangkan urinary tract infections (UTI), atau semacamnya berdasar cerita penyembuhan secara rumahan. Hingga baru-baru ini, bagaimanapun, para ilmuwan menanggapi tentang  keuntungan minuman cranberry sedikit yang mempercayainya.
Sekarang ini, sebuagh tim yang dipimpin oleh Terri A. Camesano dan Yuanyuan Tao dari Worcester Polytechnic Institute, di Massachusetts, telah menunjukkan bahwa meminum jus cranberry dapat mencegah Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan UTI lainnya yang menyebabkan bakteri dari melekatnya pada saluran urinary dan membentuk biofilm pada saluran tersebut.
Pekerjaan ini ditunjukkan pada pertemuan nasional ACS di San Francisco selama sesi Division of Colloid & Surface Chemistry saat Minggu sore.
Para peneliti secara sukarela meminum baik air minum atau jus cocktail cranberry dan kemudian memelajari beberapa efek urin mereka pada bakteri. Dengan menggunakan penyelidikan melalui mikroskop bertenaga atom, mereka mengukur kemampuan bakteri untuk melekat—suatu langkah awal yang perlu bagi formasi biofilm yang terlihat pada UTI. Urin dari para sukarelawan tersebut yang meminum jus cocktail cranberry mencegah terjadinya penempelan bakteri dan formasi biofilm. Bakteri yang diperlakukan dengan urin dari para sukarelawan  yang meminum air minum, di lain pihak, masih mampu melekat dan membentuk biofilms.
Kemampuan tempur UTI dari jus cranberry bertahan antara enam hingga 24 jam setelah dikonsumsi, kata Camesano. Dia juga menjelaskan bahwa diet jus cranberry hampir sama efektifnya dengan bahan-bahan bergula, jadi hal ini sangat mungkin untuk menghindari infeksi tanpa perlu mengkhawatirkan tentang masalah ukuran pinggang anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar